A.     KURIKULUM KHAS

IBADAH PRAKTIS

Pengajaran ibadah praktis adalah pengajaran agama yang diorientasikan pada pengamalan agama secara praktis sehingga mudah dilakukan oleh anak dan merupakan pelengkap dan aplikasi dari pembelajaran agama Islam di kelas.

 

AL – QUR’AN

Latar Belakang

“Rasululloh SAW bersabda: sebaik-baik kamu adalah yang belajar Al Qur’an dan yang mengajarkannya “. (H.R. Muslim)

Sebagai bentuk amalan dari hadist di atas adalah SD Al-Irsyad melaksanakan program pengajaran Al Qur’an sebagai program unggulan dan utama. Hal ini sejalan dengan tujuan YPAS untuk menyiapkan generasi berakhlaqul karimah dan berprestasi akademis tinggi, sebagai wujud kholifatulloh di muka bumi dengan berpegang teguh kepada ajaran Al Qur’an. Oleh karena itu     Al Qur’an harus diajarkan kepada anak didik sedini mungkin secara benar dan tartil serta dengan penuh kesungguhan.

Tujuan dan Target

  1. Mendorong siswa untuk lebih mencintai Al Qur’an sebagai bacaan dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari
  2. Mengajarkan siswa mampu membaca Al Qur’an dengan benar dan tartil
  3. Mengajarkan siswa untuk mampu menghafal surat-surat pendek dan surat-surat pilihan dalam Al Qur’an

Program Pengajaran

  • Kelas 1 selesai jilid 1 – 3
  • Kelas 2 selesai jilid 4 – 6
  • Kelas 3 selesai juz 1 – 15 serta Ghoribul Qur’an
  • Kelas 4 selesai juz 16 – 30 serta teori tajwid dan dapat mengomentarinya
  • Kelas 5 selesai tadarus I, juz 1 – 30 dan memperkuat hafalan surat-surat pendek dari surat Annas – Ad dhuha, persiapan tashih (ujian sertifikasi), serta khataman dan imtihan
  • Kelas 6 tadarus II, hafal juz ‘amma

 

BAHASA ARAB

Definisi

Bahasa Arab melalui metode tarjamah adalah pengajaran Bahasa Arab dengan menggunakan sistem tarjamah surat-surat Al Qur’an dan doa-doa yang sering dibaca dan dihafal oleh anak.

 

PERPUSTAKAAN

Dalam hal ini perpustakaan SD Al Irsyad  telah memperlakukan jam perpustakaan sebagai berikut:

  1. Menjadikan jam perpustakaan sebagai jam kunjung pada waktu istirahat dan sepulang sekolah
  2. Mengkaitkan perpustakaan dengan kegiatan ekstra kurikuler misalnya, story telling pembuatan Mading, dll
  3. Memadukan kegiatan perpustakaan dengan bidang studi lain. Misalnya tugas-tugas terstruktur yang harus diselesaikan dengan menggunakan koleksi-koleksi pustaka
  4. Membuat jadwal kunjungan kelas

 

LIFE SKILL (KECAKAPAN HIDUP) MELALUI PENGEMBANGAN DIRI

Life skill adalah pengajaran kecakapan dasar kehidupan yang difokuskan untuk melatih dan membiasakan kecakapan-kecakapan dasar pada anak sehinga tumbuh kemandirian dalam melayani kebutuhannya sendiri

B.  KURIKULUM DEPDIKNAS

Kurikulum Depdiknas ini dimodifikasi dan diperkaya sehingga dapat memenuhi kompetensi yang berkualifikasi QA dan standar nasional, meliputi

Mathematic             

Menerapkan pembelajaran matematika asik gampang dan  menyenangkan (MATGASING)

IPA / Sains                                

Menggunakan pendekatan SEQIP dalam   proses pengajarannya

Bhs. Inggris

Menekankan pengajaran pada  kemampuan komunikasi

Bhs. Indonesia

Menggunakan pendekatan Quantum Teaching dengan mengedepankan dasar berbahasa secara aplikatif

IPS

Menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)                dalam proses pengajarannya